Selasa, 22 Maret 2016

penebangan hutan secara liar

penebangan hutan secara liar


Assalamu'alaikum semua, ini merupakan entri pertama ku di blog ini, lilis hanya mau berbagi sedikit ilmu dengan kalian semua tentang penebangan pohon secara liar. entah mengapa akhir-akhir ini sangat sering terjadi yang namanya penebangan pohon secara liar, padahal hal itu pun tentu dapat menganggu kehidupan mereka sendiri. oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus siap dan mampu menjadikan Indonesia tercinta kita ini menjadi bumi yang hijau.

bila kita mendengar kata "hutan" tak luput dari fikiran kita yang namanya penebangan pohon secara liar, nah disini sedikit ulasan mengenai penebangan pohon secara liar. setiap orang yang melakukan penebangan pohon secara liar bukan tidak mungkin memiliki alasan tersendiri.diantaranya adalah:
  • konstruksi perkotaan                                                                                                                    dalam hal ini tentu merupakan alasan  seseorang melakukan penebangan pohon secara liar, karena tujuan utama menebang pohon adalah untuk mendapatakan kayu yang banyak dan kualitasnya tinggi, selain itu tujuan lainnya adalah untuk membuka atau memperluas daerah perkotaan. hal ini mengakibatkan hilangnya banyak pohon, kawasan hutan serta deforestasi besar-besaran.
  • pertanian dan peternakan                                                                                                             hutan juga ditebang untuk membuka lahan pertanian contoh kecilnya saja sawah, perlu lahan yang luas untuk membuka lahan sawah. begitu juga dengan lahan peternakan, perlu daerah yang luas untuk membuka lahan peternakan yang besar.
  • tujuan komersil                                                                                                                          tujuan penebangan hutan secara liar yang terakhir adalah untuk keperuan komersil contohnya pembuatan jalan raya, serta mengeksploitasi minyak dan pertambangan. sehingga banyak sekali kerugian yang kita dapat, selain kehidupan yang gersang juga hilangnya habitat hewan-hewan setempat. 
penebangan hutan secara liar tentu memiliki dampak buruk terhadap makhluk hidup disekitarnya, diantaranya :
  1. membuat kehidupan menjadi gersang
  2. rawan terjadi banjir dan longsor
  3. punahnya keanekaragaman hayati yang unik
  4. dapat terjadi global warming (pemanasan global)
 setiap masalah tentu memiliki solusi, solusi untuk melestarikan hutan  adalah :
1. Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul.
2. Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang.
3. Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon.
4. Menerapkan sistem tebang–tanam dalam kegiatan penebangan hutan.
5. Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan.

mungkin hanya itu yang dapat lilis sampaikan, lilis harap sedikit ilmu itu dapat bermanfaat untuk kita semua terutama yang membacanya. terimakasih atas waktunya. wassalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatu. :)
                                       

                                          "kept for every inch of knowledge that you have,                                           because it would be something very useful to other people"

Tidak ada komentar: